Jenis Atap Kanopi

Atap kanopi di rumah-rumah kebanyakan difungsikan sebagai atap carport. Dimana atap tersebut dibutuhkan untuk melindungi kendaraan yang diparkir, baik dari panas matahari atau air hujan. Karenanya pembuatan atap carport mesti diperhatikan benar dari elemen berkualitas. Sehingga fungsinya bisa didapat optimal.

Khusus untuk kanopi carport, ada banyak material yang bisa dipilih. Umumnya disesuaikan dengan desain carport dan desain rumah. Konsep atau warna juga harus selaras guna mendapat perpaduan apik yang sedap dipandang mata. Hal ini sedikit banyak berhubungan dengan fasad kanopi dan rumah itu sendiri.

Kembali pada material kanopi. Material yang dipilih sudah seharusnya kuat, kokoh, dan tahan akan cuaca apapun. Hal ini mengingat penempatannya di luar ruangan. Apakah Anda bingung memilih material terbaik untuk atap tempat parkir Anda di rumah? Tidak perlu khawatir. Adapun berikut ini diberikan beberapa jenis atap kanopi carport lengkap dengan keunggulannya:

  • Atap Rooftop

Jenis atap rooftop atau uPVC termasuk jenis atap berkualitas. Pasalnya jenis ini tidak membutuhkan insulasi penahanan panas dan suara berisik. Karena sudah terdapat konstruksi rongga udara yang akan menahan panas dan kedap suara ketika hujan. Dari sisi konstruksi cukup kuat dengan kemampuan menahan beban sampai 150 kg. Hal tersebut menjamin atap tidak mudah pecah meski diijak. Keunggulan lainnya jenis atap ini tidak menjalarkan listrik, sehingga cukup aman. Anti bocor, anti karat, dan tahan terhadap asam atau garam. Selain untuk carport, cocok pula untuk atap rumah, teras, agrikultur, gudang, atau lainnya.

  • Atap Policarbonate

Material policarbonate adalah jenis atap kanopi yang lebih berkarakter. Sifat material ini cukup ringan yang cocok untuk rumah berdesain modern. Material polikarbonat mempunyai bahan lembaran plastik dengan rongga seperlu menyerap sinar matahari. Pada pemasangan, bahan ini umumnya diberi sealant seperlu melindungi bahan dari rembesan air hujan dan disekrup tepat di balok rangka atap.

  • Atap Spandek

Atap spandek merupakan atap yang dibuat dari material seng dan alumunium. Tidak jarang jenis atap untuk kanopi carpot ini juga dicampur silikon yang bertujuan untuk meningkatkan kelenturannya. Para produsen atap biasanya menggunakan komposisi 55% alumunium, 43% seng, dan 2% silikonuntuk membuat atap spandek. Campuran tepat dari ketiga bahan tersebut akan menghasilkan material atap yang mudah dibentuk, kuat, kokoh, dan awet.

Atap spandek rata-rata mampu bertahan sampai 20 tahun. Bukan hanya itu. Ketebalan atap bisa disesuaikan kebutuhan. Mulai dari 0,3 mm sampai 0,5 mm. Untuk ukuran lebar juga tidak kalah bervariasi. Seperlu mempermanis penampilan, bagian dalam spandek didesain agar bisa dicat melalui proses yang efektif dan efisien. Selain untuk kanopi carport, atap spandek banyak digunakan untuk atap gudang, ruko, mall, pabrik, atau sebagainya.

  • Atap Kaca

Material atap carport berikut ini jelas sudah familiar. Material kaca bersifat transparan dan relatif ringan. Karena transparan, kaca memungkinkan cahaya matahari menembus ke dalam. Dari segi pembentukan mungkin memang lebih terbatas lantaran kaca yang bersifat kaku dan rentan pecah. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Atap kaca untuk carport banyak juga dipilih karena ampuh mempermanis tampilan eksterior rumah menjadi lebih berkelas. Adapun untuk mengakali atap kaca tidak mudah pecah, pada proses pemasangan seringkali atap kaca dipasang rangkap dua.

Itulah beberapa jenis material atap untuk kanopi carport terbaik. Beberapa keunggulan yang diberikan diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan ketika Anda memilih. Sekian dan semoga ulasan tentang macam-macam jenis atap kanopi carport kali ini bermanfaat.

Pemesanan & Survey Hubungi:
David
Hp : 0877-8886-4268 / 0811-189-8688
Telp : 021-5665178
Email : davidlimaja@gmail.com

WhatsApp chat