Memilih Jenis Genteng Baja Ringan Yang Ramah Lingkungan

Genteng baja ringan sebagai salah satu genteng dengan bahan baja ringan yang digunakan sebagai bahan bangunan untuk membangun rumah. Kualitas genteng harus diperhatikan saat membangun rumah. Dengan memilih genteng yang tepat dapat menjadikan kita beserta keluarga terlindungi dari pengaruh kondisi alam dan bermacam bahaya. Genteng baja ringan atau yang biasa disebut genteng metal ini memiliki bentuk yang ringan dan tipis dengan campuran bahan zincalume, silikon, dan aluminium. Selain terkenal ringan, genteng ini berdaya tahan cukup bagus dan kuat sehingga tahan karat dan tidak mudah rusak.

Genteng ini menjadi genteng modern dan alternatif pengganti genteng tanah yang biasa digunakan. Yang membedakan kedua jenis genteng ini hanyalah pada bahan dasar yang digunakan. Genteng ini berbentuk lembaran yang memiliki ukuran lebar, panjang, dan ketebalan tertentu. Dua jenis genteng metal yang biasa dijual di pasaran yakni genteng berpasir dan genteng polos. Keunggulan yang dimiliki genteng metal berpasir ini mampu mengendapkan suara air hujan dan panas matahari yang lebih baik dari genteng metal yang polos. Namun dari sisi harga, genteng baja ringan polos jauh jauh lebih murah daripada genteng baja ringan berpasir

 

Jika salah memilih jenis genteng karena tidak mengetahui jenis yang cocok untuk atap rumah maka dapat mengganggu kenyamanan dan dapat menyebabkan seringnya bocor dan tidak mengantarkan suhu dengan baik. Karena harga genteng yang semakin beragam dan jenis yang tersedia, anda harus memahami tips dan cara memilih genteng yang tepat sehingga anda dapat lebih bijak dalam membeli dan tidak menyesal nantinya. Genteng baja ringan cukup mudah di pasang di rangka atap baja ringan karena kombinasi atap dari keduanya sangat cocok. Harga yang tersedia juga sangat beragam tergantung pada kualitas, desain dan warna yang anda inginkan sehingga pemilihannya dapat anda sesuaikan dengan budget atau rangka atap baja ringan anda.

Keunggulan Jenis Genteng Metal

Berbobot ringan

Genteng ini terkenal sangat ringan karena bentuk yang berupa lembaran-lembaran. Dibandingkan dengan atap beton yang berbobot sekitar 60kg, luas genteng metal dengan luas 1 m2 hanya 7kg untuk membentuk luas bidang yang sama. Bagi daerah atau kawasan yang rawan gempa wajib menggunakan jenis genteng ini.

Ramah lingkungan
Terbuat dari bahan-bahan daur ulang hingga 60% dengan teknologi pembuatan yang terbuat dari pemanfaatan energi dengan sangat efisien. Bahkan genteng yang sudah rusak pun dapat dipakai lagi sebagai bahan dasar untuk membuat genteng yang baru.
Kekurangan Genteng Metal
Banyak yang mengeluhkan suasana interior pada genteng metal yang terasa panas. Karena berperan sebagai konduktor yang bagus, maka tak heran jika panas dari terik matahari akan langsung dan selalu diteruskan ke bagian bawah dengan suhunya yang terbilang rendah. Maka sangat disarankan bagi anda untuk memperbanyak area yang terbuka di rumah agar kekurangan dapat terhindari pada genteng baja ringan.
Pemasangan cepat dan mudah
Cara memasangnya hanya tinggal menghamparkan secara teratur di atas rangka atap, kemudian menancapkan beberapa buah sekrup dan genteng pun langsung terpasang.
Anti karat
Selain tahan karat, genteng jenis ini juga tahan akan perubahan cuaca dan kelembapan. Tak hanya itu, atap baja ringan selain tahan gempa juga memiliki sifat tidak merambatkan api.
Memiliki daya tahan tinggi

Bahan yang dimiliki atap jenis ini bersifat anti pecah, antijamur, antirayap, dan antilapuk sehingga dipercaya dapat bertahan berpuluh-puluh tahun tanpa adanya kerusakan yang serius bebas perawatan.

Tips Memilih Harga Rangka Atap Baja Ringan Murah dan Berkualitas Tinggi

Harga rangka atap baja ringan kini semakin bervariasi penawaran yang diberikan oleh setiap perusahaan jasa yang bersangkutan. Setiap orang menginginkan harga dengan kualitas yang baik untuk proses pembangunan salah satu bidang rumahnya.Ketika anda sedang dalam proses rencana membangun istana kecil alias rumah untuk keluarga, pastilah anda ingin desain interior semaksimal mungkin untuk menciptakan kenyamanan, salah satu bagian penting yang harus persiapkan dengan bahan yang bagus adalah rangka atap rumah yang menjadi pelindung dari berbagai cuaca dan rintangan. Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih mampu memberikan alternatif rangka atap rumah dari kayu menjadi rangka atap baja ringan yang kini semakin banyak diminati oleh masyarakat.

Berbagai alasan dijadikan pertimbangan untuk memilih harga rangka atap baja ringan. Untuk wilayah kota-kota besar seperti Jakarta, Depok, Bekasi, dan Surabaya menjadi tujuan dengan prospek besar. Karena semakin banyaknya jasa kontruksi baja ringan, maka sudah banyak dapat ditemui harga yang murah dan berkualitas tinggi. Tapi tidak banyak juga jasa yang tidak sesuai dengan apa yang ditawarkan, maka memilih jasa yang baik haruslah anda perhatikan sehingga hasil yang anda dapatkan terjamin dan berkualitas. Harga yang ditawarkan biasanya dalam bentuk m2, sehingga hal pertama yang dapat anda lakukan untuk membandingkan harga yang ditawarkan oleh setiap jasa, tanyakan dari harga per meternya.
Rangka Atap Baja Ringan
Tidak hanya dari segi harga, pemasangan baja ringan yang berkualitas tinggi juga harus dipertimbangkan dan memilih dengan baik agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Dewasa ini, rangka atap baja ringan ternyata berhasil mengalahkan ketenaran rangka atap kayu yang sudah terkenal sejak dahulu kala. Sehingga membuat beberapa orang yang meragukan dan belum percaya untuk beralih ke pemasangan rangka atap baja ringan dengan salah satu alasan tidak bisa bertahan lama seperti rangka atap kayu.

Tips Memilih Rangka Atap Baja Ringan

Mengukur lahan rumah
Hal mendasar yang bisa anda lakukan yakni mengukur lahan seperti teras dan halaman depan maupun belakang yang akan anda pasang rangka atap baja ringan. Pengukuran yang dilakukan haruslah secara rinci yaitu panjang, lebar, tinggi, juga overstek yang dibutuhkan. Hal ini berguna agar menghindari terjadinya kesalahan pada pemasangan yang mungkin rangka atap baja ringan yang tersedia terlalu besar atau kecil bagi ukuran rumah anda.

Menentukan anggaran biaya

Membahas masalah anggaran biaya menjadi hal yang harus dilakukan dengan teliti. Setiap orang pasti ingin menghindari over budget yang dapat diakibatkan karena desain dan model rangka atap yang anda inginkan terlalu mewah. Jika dana yang anda punya terbatas, maka anda dapat menyesuaikan dengan desain yang tersedia sesuai selaras dengan jumlah uang yang harus dikeluarkan.
Memilih material rangka atap baja ringan

Dalam hal ini, anda harus menentukan material penutup atap dan rangka. Ada 3 model rangka atap yang bisa anda pilih diantaranya rangka single, double, dan cremona. Anda juga dapat mengkombinasikan ketiga model tersebut dengan model penutup atap lainnya seperti go green, genteng metal, dll yang dapat anda sesuaikan dengan tujuan utama anda memasang kerangka atap baja ringan di rumah.

Keunggulan Material Baja Ringan

Setelah menyesuaikan pemilihan rangka atap baja ringan dan memahami keunggulan yang dimiliki. Barulah selanjutnya dapat memilih dan menetapkan berapa besar yang harus anda keluarkan untuk harga rangka atap baja ringan.

Pemesanan & Survey Hubungi